Sabtu, Juni 6, 2020
Palu

WVI serahkan paket APD untuk Puskesmas Kota Palu

SulawesiTerkini.com – Yayasan Wahana Visi Indonesia (WVI), didukung oleh Pemerintah Australia menyerahkan paket alat pelindung diri (APD) dan sarana cuci tangan kepada Puskesmas di Kota Palu, Sulawesi Tengah, melalui Dinas Kesehatan Kota Palu.

“Kemarin Rabu (13/5), kami distribusi paket APD untuk delapan Puskesmas melalui Dinkes Kota Palu berupa 400 baju hazmat, 200 face shield, 400 shoe cover, 800 gloves, dan delapan thermometer gun,” kata Sabtarina Dwi Febriyanti, Area Programme Manager WVI untuk Sigi, Palu dan Donggala, di Palu, Kamis.

Rina mengatakan penyerahan paket APD ini diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu dr. Husaema didampingi delapan Kepala Pukesmas Kota Palu.

Ia mengatakan delapan Pukesmas penerima bantuan APD adalah Puskesmas Sangurara, Nosarara, Tipo, Pantoloan, Mamboro,  Tawaeli, Lere, dan Puskesmas Kamonji.

“Ini bentuk dukungan WVI terhadap upaya penanganan dan pencegahan kasus COVID-19 dan sebelumnya kami juga sudah mendistribusikan 14.000 masker kepada Dinkes Kota Palu,” ujarnya.

Ia mengatakan merespons dari kebutuhan yang sebelumnya sudah disampaikan pemerintah melalui Dinkes Kota Palu terkait kekurangan APD.

Pekerja kemanusiaan ini berharap kerja sama yang dilakukan WVI dengan Pemerintah Kota Palu tidak hanya sebatas penyerahan bantuan saja, tetapi upaya penyadaran masyarakat untuk bersama mencegah penyebaran virus corona.

Sehingga, katanya, kebutuhan untuk menyampaikan informasi dalam bahasa lokal menjadi salah satu topik yang dibahas bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu di sela penyerahan APD tersebut.

“Kesadaran masyarakat untuk bersama-sama melawan virus corona itu sangat penting dengan menaati anjuran pemerintah. Ini akan membantu untuk mencegah penyebarannya,” katanya.

Sementara itu, penanganan kasus baik di rumah sakit, Puskesmas maupun pondok-pondok perawatan, seluruh relawan memakai APD.

Bantuan APD dari Wahana Visi Indonesia ini sangat membantu Pemerintah Kota, yang bisa digunakan oleh petugas untuk menangani kasus-kasus COVID-19. Saat ini Pemerintah Kota Palu sangat serius dalam penanganan COVID-19, seperti pemantauan ketat dilakukan di berbagai tingkatan, mulai dari pelaku perjalanan, OTG, ODP, PDP dan pasien konfirmasi positif. Pewarta : Sulapto Sali 
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Redaksi
the authorRedaksi

Tinggalkan Balasan